Social Icons

Pages

Senin, 10 Agustus 2015

JENIS-JENIS ANGIN DENGAN ILUSTRASI GAMBARNYA


Assalamu’alaikum War. Wab.


Angin merupakan udara yang bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah, atau dari suhu rendah ke suhu yang tinggi.
Ada beberapa jenis angin, diantaranya angin fohn, angin muson, angin pasat, angin siklon dan anti siklon.

Seperti biasa, saya berusaha agar pembaca blog ini mudah untuk memahami dan menghafal ilmu yang saya bagikan setelah membacanya. Kali ini agar lebih mudah memahami, saya telah melengkapinya dengan gambar.

Sebagai pendahuluan, Angin dinamakan dari arah asalnya. Kalau berasal dari laut, ya dinamakan angin laut, kalau berasal dari darat namanya angin darat. Berikut ini adalah beberapa macam angin.


1  1.  Angin Laut, Angin Lembah dan Angin Gunung, Angin Darat



Ke-empat angin ini saya jadikan satu agar mudah memahami dan mengingat. Sebenarnya semua yang perlu di jelaskan sudah ada pada gambar diatas. Coba perhatikan gambar tersebut dengan seksama, perhatikan juga matahari dan bulan yang sedang tersenyum kepada kita J.

“kenapa ya kak, angin laut datangnya waktu siang dan angin darat waktu malam?”
“ya karena udah takdir dek.”

Nggak-nggak, bercanda. Kalau ada guru tanya jangan dijawab begitu ya…

Jawabannya adalah karena sifat air dan darat itu sangat berlawanan jika terkena panas. Air bersifat lambat menyerap panas dan lambat untuk melepaskannya. Sedangkan daratan bersifat cepat menyerap panas dan cepat melepaskan.  Jadi saat matahari menyinari daratan dan lautan, suhu di daratan akan lebih tinggi karena sifatnya yang cepat menyerap panas, dan karena angin bertiup dari suhu rendah ke suhu yang tinggi, maka terjadilah angin laut. Ketika malam hari disaat dunia dalam kegelapan dan kedinginan karena tak ada sumber panas (matahari), maka daratan pun ikut menjadi dingin, sedangkan lautan yang mempunyai sifat lambat melepaskan panas, suhunya akan menjadi lebih tinggi daripada daratan, sehingga angin meniup dari darat.


2  2.  Angin fohn



Yaitu angin yang terjadi di daerah bayangan hujan, bersifat panas dan kering sehingga dapat merusak tanaman.
Angin fohn ada 5 macam, yaitu :
1.       Angin Bohorok → di Delli Serdang
2.       Angin Brubu → Makasar
3.       Angin Wambraw → Biak/papua
4.       Angin kumbang → Brebes, Indramayu
5.       Angin Gending → Probolinggo


3  3.  Angin muson (musim)
a.       Angin muson barat (oktober -april) → musim hujan
b.      Angin Muson timur (april-oktober) → musim kemarau
Cara mengingatnya, saya menggunakan singkatan ini :
HOA artinya Hujan Oktober April
PAO artinya Panas April Oktober
Keduanya berpatokan di Jakarta jogja.


4  4.  Angin pasat



Yaitu angin yang bergerak dari daerah subtropis ke daerah tropis (katulistiwa). Intinya sih sama saja, semua angin akan bergerak dari yang suhunya dingin ke yang suhunya panas.


55.  Angin siklon dan anti siklon



Angin siklon : angin yang bergerak searah jarum jam di belahan bumi utara / berlawanan jarum jam di belahan bumi selatan.

Maksudnya berlawanan jarum jam di belahan bumi selatan : kalau searah jarum jam, arahnya dari kiri ke kanan seperti panah merah yang diatas. Jadi berlawanan jarum jam di belahan bumi selatan adaalah arahnya dari kanan ke kiri seperti panah merah yang di bawah.

Angin antisiklon : angin yang bergerak berlawanan jarum jam di belahan bumi utara dan searah jarum jam di belahan bumi selatan.


Alhamdulihhah, sudah selesai…
Saya punya pesan untuk adik-adik agar bisa tetap ingat materi ini, kalau mau, coba salin gambar-gambar  di atas ke buku kalian. Salah satu cara agar kita bisa mudah menyerap pelajaran adalah dengan merubahnya menjadi gambar karena gambar itu nanti akan tersimpan dalam otak kanan, jadi bisa tahan lama. Atau bisa juga dengan kata kunci, seperti postingan saya JENIS-JENIS AWAN DENGAN GAMBARNYA, dan LAPISAN-LAPISAN ATMOSFER yang saya buat dengan niat agar setelah sekali baca, kalian akan langsung hafal dan ingat, bukan hanya ingat dalam sehari atau dua hari, tapi seterusnya karena telah tersimpan di otak kanan.

Sekian postingan saya kali ini, semoga manjadi ilmu bermanfaat, dan jangan lupa berbagi ilmu dari blog ini kepada teman-teman sekolah ya…



Wassalamu’alaikum War. Wab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text