Social Icons

Pages

Rabu, 05 Agustus 2015

CARA MENGHAFAL SESUATU DENGAN CEPAT


بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu’alaikum War. Wab.

Selamat datang teman-teman....
Kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang bagaimana cara menghafal sesuatu dengan cepat. Silakan...

Sebagai seorang murid kita memang dituntut untuk cepat menyerap semua yang diajarkan pada kita, tapi apa boleh buat kita hanya manusia biasa yang banyak salah dan LUPA. Hehehe…

Walaupun para guru sering menggelengkan kepala saat mengetes pelajaran minggu lalu tapi percayalah pak, bu, kita sudah berusaha untuk mengingatnya dan daya ingat kami hanya berlaku kira-kira setengah hari saja. Itulah sebabnya ketika ujian kami belajar waktu malam saja supaya besok pagi masih ingat. J

Itu jugalah yang terjadi pada saya sendiri sewaktu masih sekolah. Tapi saya mendapat suatu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit gampang lupa ini. Saya dapatkan cara ini dari guru les dan supaya jadi ilmu manfaat akan saya bagikan disini.

Salah satu penyebab kita jarang bisa mengingat pelajaran yang telah dihafal adalah karena ketika kita menghafal, hafalan itu akan tersimpan pada otak kiri dan salah satu sifat otak kiri adalah tidak tahan lama. Ini berbeda dengan otak kanan yang sifatnya tahan lama. Yang diproses di dalam otak kanan seperti gambar, cerita, dll. Makanya kalau sudah nonton film satu kali saja kita bisa ingat selamanya, tapi giliran pelajaran walaupun diulang puluhan kali nggak hafal-hafal.

Jadi, cara untuk bisa menghafal sesuatu dengan cepat adalah dengan imajinasi kita. Hafalkanlah dengan dibuat cerita.

Sebagai contoh yang dibuat oleh guru les saya saat mengajarkan metode menghafal ini, beliau meminta agar murid muridnya menyebutkan beberapa nama benda, dan akhirnya terkumpullah dua puluh nama benda yang harus kami hafal.

Sebelumnya beliau menantang kami semua, “ayo kita berlomba siapa yang hafal duluan akan bapak kasih hadiah uang.” Dan berapa uangnya? Awalnya Cuma lima ribu, tapi teman-teman ingin uang yang warna hijau, yah mungkin saat itu bapaknya belum gajian JDan akhirnya uang hijau itulah yang akan dijadikan hadiah. Inilah nama-nama benda yang harus kami hafal:

1. kursi
2. jendela
3. meja
4. gelas
5. bola
6. air
7. buku
8. pensil
9. bulpoin
10. kipas angin
11. gambar
12. sepeda motor
13. kaca
14. lantai
15. cincin
16. anting
17. saku
18. kunci
19. botol
20. jaket

memang itu adalah benda-benda yang tak sing bagi kita sehingga mudah untuk menghafalnya, tapi kalau diminta untuk menghafal dengan urut dari nomor 1-20?

Tapi kami para murid tak mau kalah, kami merasa kesulitan untuk menghafalnya dengan urut, jadi kami minta keringanan, “halah pak, ndak perlu urut ya pak… ya pak ya?”. Karena satu lawan sepuluh, maka kami para murid mendapat keringanan itu. Akhirnya  kami dan pak guru mulai menghafal.

Pendek kata setelah waktu berjalan sebentar, kurang dari dua menit, pak guru menghentikan hafalan kami. Nama-nama benda yang ditulis dipapaan itu akhirnya dihapus, dan walaupun sudah dihapus kami tetap menggumamkan benda itu yang tulisannya sudah berpindah di otak kami.

Hampir semua mulut bergumam:

 “kursi, jendela, meja, gelas, bola,…”

“air, buku, pensil, bulpoin, bulpoin…bulpoin, habis bulpoin apa?”

Ada juga yang mengurutkan sesuai kelompok bendanya
“kursi, meja, buku, pensil, bulpoin, cincin, anting…”

Ada juga yang mengurutkan sesuai alphabet
“air, anting, bola, botol, bulpoin, cincin…”

Tapi suara pak guru mengganggu hafalan kami. “sudah selesai anak-anak, sekarang kita lanjutkan pelajaran kita,..”

“loh pak, jangan, hafalan dulu saja pak”

Tapi ini memang strategi bapaknya supaya kita semua banyak yang lupa, dan itu terbukti. Sebelum pulang barulah hafalan kami di tes. Pendeknya, setelah anak-anak yang biasanya pintar, menyetor hafalan mereka, tak ada yang berhasil. Tapi waktu bapaknya yang menghafal, wow, lancar dan urut dari nomor 1-20. Setelah itu beliau membagikan rahasianya.

JADIKAN SEMUA BENDA INI MENJADI SUATU CERITA (dapat dibayangkan di kepala).

Dan beginilah ceritanya:

Ada suatu kursi yang letaknya di dekat jendela, nah, di dekat jendela itu ada meja yang diatasnya ada gelas, tiba-tiba muncul bola yang mengenai gelas itu sehingga airnya tumpah dan mengenai buku, dan disamping buku itu ada pensil dan bulpoin, lalu bulpoin itu di lemparkan ke kipas angin, jadi bulpoinnya mencelat (terbang) dan mengenai gambar, gambarnya sepeda motor, tiba-tiba sepeda motornya benar-benar hidup dan keluar dari gambar itu sahingga kacanya pecah dan jatuh ke lantai, dan saat melihat lantai ternyata disana ada cincin, tapi ketika dilihat dari dekat ternyata itu adalah anting, lalu anting itu dimasukkan ke saku, dan ternyata di dalam saku ada kunci, tapi kuncinya masuk kedalam botol, kemudian botolnya ditutupi dengan jaket.

            Memang ceritanya jadi agak aneh, tapi itu akan bertahan lebih lama di kepala kita karena tersimpan di otak kanan. Selain itu metode ini akan mengasah kreatifitas dan imajinasi kita. Dan kalau sudah terbiasa, akan sangat cepat bagi kita untuk membuat cerita khayalan ini. Jadi bisa efisien waktu + akan tahan lama.

            Sekian postingan saya tentang BAGAIMANA CARA MENGHAFAL SESUATU DENGAN CEPAT. Tak ada salahnya untuk dicoba, semoga benar-benar jadi ilmu yang manfaat.
 Terima kasih sudah berkunjung.

Wassalamu’alaikum War. Wab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text