Social Icons

Pages

Kamis, 06 Agustus 2015

LAPISAN-LAPISAN ATMOSFER


بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu’alaikum teman-teman,

Saat ini saya ingin membagikan ilmu tentang LAPISAN-LAPISAN ATMOSFER. Disini saya menulis ringkasannya plus kata kuncinya supaya kalian mudah mengingat dan cepat menghafalnya.
Tapi perlu diingat ya, kata kunci disini berasal dari kepala saya sendiri dan bukan dari kamus bahasa Indonesia maupun bahasa yunani (hehehe), jadi memang agak aneh nanti postingan ini, tapi insyaallah akan memudahkan karena belajar dengan menggunakan gambar dan kata kunci akan semakin mudah daripada hanya dengan kata-kata. Oke, mari kita mulai!

PENGERTIAN ATMOSFER
Atmosfer = lapisan gas yang meliputi sebuah planet

LAPISAN ATMOSFER
Untuk lapisan atmosfer coba perhatikan gambar di bawah.


“Kak…  kami sudah sering lihat gambar seperti diatas itu, tapi akhirnya selalu berada diluar kepala kami.”
“okeh dek, jangan galau dan nggak perlu risau. Kita akan belajar bersama sehingga kalian akan ingat bahwa troposfer adalah lapisan paling dalam, stratosfer lapisan kedua dan seterusnya.

Pada gambar diatas ada huruf yang berwarna hitam dan ada juga yang berwarna merah. Huruf yang berwarna merah adalah kata kuncinya. Tapi pada bahasan ini, kata kunci akan saya tebalkan (bold) agar semakin terlihat
Saya akan membahas dari lapisan yang terdalam (dari bawah) yaitu:

1 1. TROPOSFER
Tropos (kata kunci) artinya saya samakan dengan tulang yang sudah tropos, sudah berlubang-lubang karena lapisan yang pertama biasanya tidak terlalu kuat.
Karena ini adalah lapisan pertama maka letaknya paling dekat dengan bumi, jadi disana adalah letaknya cuaca dan iklim seperti awan, hujan, angin, dll.

2 2. STRATOSFER
Kata stratus hampir sama dengan strata dan strata artinya tingkatan. Kalau kita bicara tentang rumah, yang disebut tingkat itu yang lantai satu? apa lantai dua?  lantai dua…”
Betul, makannya stratosfer adalah lapisan kedua dari atmosfer.
Disana terdapat lapisan ozon (O3) yang menyerap radiasi sinar UV.

3 3. MESOSFER
Meso artinya tengah, jadi dari lima lapisan atmosfer yang berada di tengah namanya Mesosfer.
Pada soal ujian, biasanya jika pertanyaannya tentang Mesosfer maka jawabannya ada Meteornya.
ME-sosfer = ME-teor
Lengkapnya, meteor yang sampai pada bumi kebanyakan habis dilapisan mesosfer ini.

4 4. TERMOSFER/IONOSFER
Ionosfer adalah nama lain dari termosfer. Cara mengingatnya adalah didalam termos (air panas) terdapat banyak ion.
Tugasnya adalah untuk memantulkan gelombang radio (bayangkan bahwa ion bisa memantul-mantul)

5 5. EKSOSFER
Ekso artinya luar, maka eksosfer adalah lapisan terluar dari lapisan atmosfer. Pada lapisan ini gaya grafitasi sudah hilang.

Sekian postingan saya kali ini semoga mudah dipahami dan mudah diingat. Ini adalah salah satu dari sekian banyak cara belajar. Memang cara belajar setiap anak berbeda-beda. Kalau saya lebih mudah memahami dengan cara seperti ini, tapi bagi yang tidak semoga tidak tersinggung bila ada anak yang belajar dengan cara ini.
Saya minta maaf bila ada kata yang menyinggung. Semoga ujiannya berjalan dengan baik. Dan semoga menjadi ilmu yang bermanfaat. J

Wassalamu’alaikum War. Wab.

5 komentar:

 

Sample text

Sample Text