Social Icons

Pages

Sabtu, 06 Oktober 2012

GALAKSI




Keindahan langit malam memang sangat mempesona, membuat kita seakan ingin terbang tinggi ke angkasa. Jika kita membayangkan alam semesta, kita akan merasa dan membayangkan seberapa kecilnya diri kita, bahwa sebenarnya kita itu sangat kecil, bahkan jauh lebih kecil daripada sekedar kecil. Tapi kenapa kita tidak merasa, betapa beraninya kita kepada tuhan sehingga kita bisa sombong. Hari ini saya akan menuliskan macam-macam bentuk galaksi.

Bintang dan materi antar bintang yang jumklahnya lebih dari ribuan juta dan dengan ukuran mulai dari 1000 tahun cahaya sampai 10 juta tahun cahaya disebut galaksi. Dalam jagat raya ini terdapat ribuan galaksi. Menurut Edwin Hubble (1926), galaksi-galaksi di jagat raya dapat dikelompokkan menjadi empat bentuk yaitu spiral, elips, dan spiral tak beraturan.

1. Bentuk Spiral

Sekitar 70% galaksi yang sudah dikenal berbentuk spiral. Jenis Galaksi Spiral adalah jenis galaksi yang terdiri atas pusaran bintang dan medium antar bintang dimana pada garis tengah nya atau pusat galaksi terdiri dari bintang bintang yang berumur sangat tua. Dilihat dari bentuk nya, galaksi berjenis spiral mempunyai lengan yang cerah disetiap sisinya. Dalam klasifikasi skema hubble jenis spiral galaksi diberi daftar dengan kode S(Spiral) dan SB (Barred Spiral) tergantung dengan bentuk lengan nya kemudian diikuti huruf abjad yang mengindikasikan tingkat kerapatan antar lengan spiral dan tonjolan pada pusat galaksi. Seperti hal nya sebuah bintang beserta planet-planet nya, lengan spiral galaksi selalu memutari pusat dari galaksi dengan kecepatan relatif konstan meskipun waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi nya sangat lama. Lengan spiral merupakan daerah pada bagian galaksi yang paling padat materi atau sering disebut “Densiy Waves”. Dibagian inilah grafitasi antar bintang mulai merapat sehingga semakin nampak lengan spiral dari sebuah galaksi maka semakin banyak pula jumlah bintang-bintang dan dibagian inilah tempat dilahirkannya bintang-bintang muda. Contoh dari Galaksi jenis spiral adalah M31 (andromeda), M33 (triangulum) dan M51 (Whirlpool).

2. Bentuk Elips

Bentuk galaksi ini meliputi sekitar 17% dari galaksi yang diketahui, bentuk dari galaksi ini seperti bola lonjong. Jenis galaksi Eliptikal adalah jenis galaksi yang diperkirakan mempunyai bentuk ellipsoidal dan terlihat lembut karena terang nya cahaya antar bintang, hampir keseluruhan bentuk fisik nya rata dan terang. Morfologi dari galaksi eliptikal ternyata sangat bermacam-macam mulai dari yang berbentuk hampir bulat seperti eplisoidal hingga hampir berbentuk datar. Dengan beraneka macam nya bentuk yang ada, hal ini ternyata sangat mempengaruhi jumlah dari banyak nya bintang yang ada didalam sebuah galaksi. Mulai dari ratusan juta bintang hingga lebih dari satu trilyun bintang. Klasifikasi morfologi eliptikal ini telah diklasifikasikan oleh Edwin Hubble dalam skema klasifikasi Hubble. Contoh dari jenis Eliptikal galaksi adalah M32, M49 dan M59.




3. Bentuk Tak Beraturan 

Galaksi jenis ini tidak jelas benuk atau organisasinya. jumlahnya sekitar 2-3% dari total galaksi yang diketahui. Jenis galaksi tak beraturan yang dimaksud adalah jenis galaksi yang bentuk nya bukan eliptikal maupun spiral. Pada jenis galaksi ini bentuk dari galaksi sangat bermacam-macam ada yang disebut “Dwarf” Galaksi atau galaksi cebol yang dikarenakan besar galaksi ini lebih kecil dari galaksi pada umumnya, Ring Galaksi yaitu galaksi yang bentuk nya seperti cincin yang mana ditengahnya ada pusat dari galaksi dan Lentikular galaksi dimana Bentuk dari galaksi ini merupakan perpaduan antara jenis Eliptikal dan Spiral. Contoh dari jenis Dwarf Galaksi adalah M110, Ring Galaksi adalah Objek Hoag dan Lentikular galaksi adalah NGC 5866.HG.



Sumber : www.kafeastronomi.com, buku Geografi Yudistira kelas X.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text